Angka dari situs pemantauan faceboook dapat menyarankan bahwa selama Mei kehilangan enam juta pengguna di Amerika Serikat dan 100.000 di Inggris.Tapi jaringan sosial yang biasanya tidak mengomentari statistik pihak ketiga, mempertanyakan bagaimana itu tiba di angka ini.
Lain pengukuran bersih perusahaan mengatakan mereka telah melihat pertumbuhan selama periode yang sama.
"Dari waktu ke waktu, kita melihat berita tentang Facebook kehilangan pengguna di beberapa daerah. Beberapa dari laporan-laporan ini menggunakan data yang diambil dari alat iklan kami, yang memberikan perkiraan luas pada jangkauan iklan dan tidak dirancang untuk menjadi sumber untuk pelacakan pertumbuhan keseluruhan dari Facebook, "
"Kami sangat senang dengan pertumbuhan kami dan dengan cara orang yang terlibat dengan Facebook. Lebih dari 50% pengguna aktif kami log on ke Facebook dalam setiap hari tertentu," katanya menambahkan.
Angka-angka dari Inside Facebook mengklaim bahwa 1,5 juta pengguna Kanada meninggalkan jaringan sosial pada bulan Mei.
Tapi secara keseluruhan itu menunjukkan bahwa agar tumbuh menjadi total 687.000.000 pengguna di seluruh dunia dengan pelanggan baru banyak datang dari negara-negara seperti India, Filipina dan Indonesia.
Terhadap angka kebocoran pelanggan tampaknya tidak cocok dengan mereka yang berasal dari comScore perusahaan pengukuran bersih.
Ia mengatakan bahwa telah melihat pertumbuhan 21% untuk pengguna AS di Facebook selama Mei, sedangkan Inggris mendapatkan 368.000 karyawan baru antara bulan Februari dan Mei.
Menurut comScore, jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan di situs juga naik, dari 21 menit per hari pada bulan Desember 2009 sampai 25 menit per hari pada bulan Desember 2010.
Pengukuran perusahaan Nielsen mengatakan angka perusahaan juga menunjukkan pertumbuhan.
"Ada bulan ketika angka dip tapi aku akan sangat berhati-hati pada panggilan tren berdasarkan dua bulan," kata juru bicara Nielsen Neil Beston.
Ide kelelahan Facebook, di mana pengguna gurun jaringan sosial setelah jangka waktu tertentu telah lama dibicarakan oleh para ahli namun tetap tidak terbukti.
"Di negara maju seperti Amerika Serikat dan Inggris penetrasi Facebook adalah memukul 50% dan pada tingkat yang tak terelakkan bahwa pengguna akan mendaftar tetapi tidak terlalu sering mengunjungi akun nya atau log on,"
Tidak ada komentar: